Monday, July 10, 2017

bayi menangis, kenapa harus dimarah?

(mamen baru lahir)

bayi menangis, kenapa harus dimarah?
memang, gue termasuk orang tua baru banget dan belum tau banyak mengenai bagaimana mendidik anak, tentang marah - memarahi anak, dsb. 
tapi, gapapa ya gue mengungkapkan kekesalan gue kalo denger orang tua memarahi anak balita nya, kususnya bayi - bayi yang masih dibawah satu tahun. masa sih ada yang marahin? ada! 

jadi begini ceritanya, waktu mamen  imunisasi ke 2 bulan, di ruang ASI gue bersama seorang Ibu yang juga sedang memberikan ASI kepada bayinya yang juga umurnya 2 bulan. nah, si bayi ini nangis terus - terusan, kayak rewel dan si Ibu ini bingung maunya si bayi ini apa. lalu, apakah yang dilakukan Ibu ini? dia membentak bayi 2 bulan ini dengan kesalnya "aduh! maunya apa sih?! dikasih ASI gamau!" gue miris dengernya..... ini bayi loh..... kalo tetiba nih bayi ngomong ntar Ibu-nya sendiri yang kaget. 
berikutnya, di ruang ASI PIM 1 yang dibelakang bakmi GM. gue sebelahan ruangan gitu sama ibu - ibu yang lagi memberikan asi ke bayi nya. tiba - tiba, bayinya keselek, kedengeran batuknya, dan nangis lah nih bayi. Ibu nya ngomel "heeh sssshhh shh udah jangan nangis!"
lagi - lagi gue agak miris dengernya. 
oh iya, yang terakhir di PIM 2, di family room lagi. ada ibu yang lagi gantiin popok anaknya. ini anaknya udah 8 bulanan kayaknya kalo liat dari badannya dan udah bisa duduk. anaknya lasak gabisa diem, jadi ibu nya ga sabar karena makein popoknya jadi lama. dibentak dong anaknya "bisa diem gasih!"

maksud gua dari ketiga kasus diatas adalah, harus banget ya dimarahin dan dibentak bayi loh....belum tau apa - apa..
bukannya ga pernah mamen bikin gue capek nangis rewel cuma karena pengen digendong semaleman dan gue gabisa tidur. jujur, pernah gue ngerasa capek banget sebulan pertama mamen lahir. tidur kurang, anak maunya digendong terus, dan hal lainnya. tapi balik lagi gue berfikir,

ini anak kan bukan dia yang minta dilahirkan ke dunia yang kejam ini. tapi gue sebagai orang tua yang mendamba kehadiran dia di hari - hari gue. dia sumber kebahagian gue. dari belum liat mukanya aja gue udah sayaaang banget sama nih anak. trus, pas Allah udah hadirkan dia dari doa - doa gue yang gapernah putus buat minta anak, masa nih anak gue marah - marahin? masih bayi pula. namanya juga bayi, ya belum bisa dan belum ngerti apa - apa. istilahnya, begitu lo pengen anak, berati lo udah siap buat repot ngurusin nih anak sampe seumur hidup lo kan.... 
mudah - mudahan Allah selalu ngasih setiap orang tua para bayi kususnya di dunia ini, termasuk gue, kesabaran yang luar biasa buat menghadapi segala tingkah polah mereka. amin

No comments:

Post a Comment