Tuesday, September 5, 2017

Serunya jadi anak prajurit

Gimana serunya jadi anak prajurit?

Seru. 
Seru.
Seru.
Tak mau terulang. Kenapa?
Ini waktu kejadian di aceh sih. Pada tau jaman darurat militer di aceh ngga?
Nah. 
Yuk diceritain.

Jadi, antara tahun 2000-2002an, kebetulan bokap lagi jadi danyon di batalyon 113/jaya sakti, juli, bireun, aceh. Gua lupa bireun tuh aceh sebelah mana ya...
Yang jelas asrama yang gua tinggali jauh dari peradaban. Sungguh. Jauh. Depan, gunung. Belakang? Hutan. Ke kotanya kira - kira 45 menitan. Nama kotanya bireun. 
Dan bertepatan bokap lagi ngepam apaaa gitu, jadi gua dan nyokap serta adik gua tinggal di asrama sekitar 3 - 6 bulanan dengan posisi papa bolak balik ngepam. Jadi ga setiap hari ada di asrama sama kita. Disitu gua kelas 2-4 SD. 2 tahun yang mencekam (menurut gua).

Ok, jadi kebetulan saat itu bokap gua lagi ga ada di asrama. Gue, nyokap, dek aga, dan si mba, lagi nonton tv. Tiba - tiba.....
"Dor dor dor dor!" Wah suara apa tuh!? Nyokap dengan sigapnya nyuruh gua, dek aga, dan si mba tiarap. Om ajudan lari keluar ambil senjata, dan beberapa orang bawa senjata ngelilingin rumah gua buat di amanin.
Iya, itu suara tembakan. 
..........
Nyokap angkat semua springbed yang ada dikamar, buat nutup semua jendela. Kita dikolong meja. 
Begitu kontak senjata selesai sekitar 15 menit, gue pun tidur.
Besok paginya pas mau sekolah, selongsongan peluru kosong didepan pager rumah...

Dan ternyata kontak senjatanya antara satuan lain dan GAM di deket asrama. 

Kejadian kayak gitu gua alami 2 kali. 

Trus...tiba lah harinya, hari jumat, gue inget banget karena bokap solat jumat. Bokap lagi kunjungan ke kompi markas si kota itu. Pas bokap solat, gue, nyokap gue, dan beberapa ibu ibu belanja lah ke kota beli baju. Pas di toko baju, tiba tiba kontak senjata dan jalanan mendadak sepi! Sepi kosong ga ada mahluk yang lewat. Driver dan pengamanan lainnya langsung ngokang senjata, dan nutup pintu toko itu dengan sigap. Gue, nyokap, adek gue dan ibu ibu lain di umpetin di belakang. Merunduk. Takut. Sampe sekarang gue nulis tulisan ini pun masih kembali berasa se-ketakutan apa gue dulu... lebih tepatnya pasrah...

Ga berapa lama langsung mobil pengawalan dan pengamanan yang ada bokap gua jemput kita. 

Oh, itu belum ada apa apa nya.
Ini yang bikin gue trauma.

Kejadiannya, gue sekeluarga mau liburan lebaran ke medan. Dari asrama ke bandara di lhoksumawe tuh kira kira 2 jaman kalo ga salah. Kita naik truk anti peluru. Jadi truknya kayak berkaca mata. Posisinya, gue sama bokap gua di truk UNIMOX yang guede, dan di belakang bawa senjata yang pelurunya sege gede telapak tangan manusia. Nyokap sama adek gue di Truk Dyna. Cuma pake pasukan pengaman bawa senapan. 
Begitu di tengah jalan...kira kira sejam perjalanan. Didepan kita, ada kontak senjata... antara Brimob dan GAM. Itu suara peluru ditembak kena ke peluru baja truk yang gua tumpangi. Kebayang?
Disini, truk nyokap dan aga didepan gua. 
Kejadian ini cepet tapi berasa lama.
Bokap gua dengan sigapnya "serang!" "Ya! Ya! Truk depan yang isi Ibu terus jalan!! Terus!"
Truk nyokap gue jalan terus, dan truk gue sama bokap bertahan. Karena kita bawa senjata gede. Kepala gue dijogrokin sama bokap gue ke bawah kolong dashboard truk. Dimana disitu ada bolongan kecil yang bisa ngintip dari baja anti peluru. Gue liat, anggota brimob kakinya berdarah lagi merayap...gue liat pas senjata itu dikokang dan peluru itu melanting bunyi ke truk baja gue... dan gue juga liat betapa kerennya bokap gue waktu itu.. kita bertahan sampe kontak senjata selesai. Kita bantuin brimobnyaa. 
Begitu sampe di bandara ketemu mama dan aga kita langsung pelukan..
Gue gamau balik lagi..

Dan semenjak saat itu gue selalu kabur tiap dengen suara petasan, gue selalu nangis kalo liat jalanan sepi. Soalnya kalo jalanan sepi, pasti mau ada kontak senjata. 

Bahkan, jaman bokap dandim di bukittinggi, setahun setengah setelah kejadian itu, setiap perjalanan dari padang ke bukittinggi banyak kelokan, dan itu sepi, gue selalu degdegan dan merunduk di mobil haaaa 

Tapi selain kenangan buruk gitu, gue inget sih keseruan tinggal di asrama batalyon dulu. Bisa main sepeda, main masak masakan, mandi hujan! 
Btw sekolah gue disana ditengah tengah hutan, kalo jalan pulang barengan sama kerbau hahaha masih keinget juga sih, semua anak anak di batalyon yang satu sekolah sama gue, pasti gue ajak pulang bareng, trus dianterin satu satu dulu kerumahnya sama si om, baru deh terakhir gue.
Gimana suasana sekolahnya? Dulu sih menyenangkan. Sekarang? Mencekam kalo diingat haha dulu kalo anak instansi militer atau polisi di incer. Gue, udah dibonceng sama GAM yang ngaku ajudan bokap gue....dan ditarik sama si om driver. Untung ada si om itu. Namanya om burian. 
Setiap sekolah dikawal TNI pake senjata panjang plus kotak peluru segede kotak sepatu. 

Bersyukurlah sekarang kita sudah hidup damai di Indonesia yaa hihi 

No comments:

Post a Comment